News Detail

Tingkatkan Literasi dan Inklusi, OJK Menggelar Edukasi Pasar Modal Syariah kepada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Tingkatkan Literasi dan Inklusi, OJK Menggelar Edukasi Pasar Modal Syariah kepada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala
9/29/2023

Banda Aceh, 21 September 2023. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Self-Regulatory Organization (SRO), yakni PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia menggelar kuliah umum di Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan literasi pasar modal dalam rangka mendorong peningkatan inklusi keuangan dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Inarno Djajadi memberikan materi edukasi keuangan pada kuliah umum yang dihadiri oleh 1.500 mahasiswa di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala dan 500 peserta secara daring.

Dalam paparannya, Inarno Djajadi menyampaikan dalam 3 tahun terakhir sektor keuangan syariah Indonesia, khususnya di sektor Pasar Modal, terus tumbuh dan berkembang secara positif. Hingga 15 September 2023, total nilai kapitalisasi saham syariah telah mencapai Rp5.892,- triliun atau sekitar 57% dari seluruh kapitalisasi pasar modal Indonesia yang berjumlah Rp10.000-an triliun.

Sebagai penutup keynote speechnya, Inarno berpesan kepada para mahasiswa dalam memasuki Era Society 5.0 ini mereka perlu meng-upgrade diri dengan berbagai skills. Jangan hanya berdiam diri di zona nyaman karena persaingan di masa depan akan lebih ketat terutama saat memasuki dunia kerja. Pasar modal syariah menjadi salah satu dunia yang sangat terbuka dan menarik bagi para mahasiswa untuk lebih mendalami dan kemudian turut terjun sebagai pelaku pasar.