News Detail

OJK Dorong Pembiayaan UMKM di Surakarta melalui Securities Crowdfunding

OJK Dorong Pembiayaan UMKM di Surakarta melalui Securities Crowdfunding
12/8/2023

Pada tanggal 1 Desember 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan Edukasi Alternatif Pendanaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Securities Crowdfunding (SCF) di Ballroom Kantor OJK Solo, Surakarta.

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan potensi UMKM di Surakarta agar mampu menjadi penerbit baru melalui platform SCF. Securities Crowdfunding, sebagai layanan Urun Dana, tidak hanya memberikan akses pendanaan yang lebih mudah bagi pelaku UMKM, tetapi juga diharapkan dapat menjadi opsi investasi alternatif bagi investor ritel, termasuk mereka yang berdomisili di daerah sekitar UMKM, guna ikut serta dalam pengembangan ekonomi khususnya di Surakarta.

Khususnya di kota Solo, saat ini terdapat 8 penerbit SCF dengan jumlah investor SCF mencapai 4885 dan dana yang berhasil terkumpul sebesar Rp 9.65 miliar hingga tanggal 24 November 2023.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) yang berlangsung dari tanggal 29 November hingga 1 Desember 2023 di Surakarta.

Hingga tanggal 22 November 2023, tercatat 532 Penerbit (UMKM) telah memanfaatkan SCF dari total 166.931 Pemodal, mengakumulasi jumlah dana sebesar Rp1.096,48 miliar melalui 16 Penyelenggara SCF yang telah memperoleh izin usaha dari OJK.