News Detail

OJK Gelar Seminar Pasar Modal Syariah di UIN Mataram untuk Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

OJK Gelar Seminar Pasar Modal Syariah di UIN Mataram untuk Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah
5/3/2024

Mataram, 26 April 2024. OJK menggelar Seminar Pasar Modal Syariah di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Acara ini diselenggarakan di Auditorium UIN Mataram yang dihadiri sekitar 1.200 peserta civitas akademika. 

Digelarnya seminar pasar modal syariah ini dilatarbelakangi tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan syariah yang masih relatif kecil yaitu 9,14%. Hal ini juga sejalan dengan indeks inklusi masyarakat terhadap keuangan syariah yang hanya sebesar 12,12%. Hasil SNLIK 2022, untuk sektor pasar modal syariah, menunjukkan bahwa tingkat literasi dan inklusi masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan di pasar modal syariah jauh lebih kecil lagi yaitu masing-masing 0,87% dan 0,50%.

OJK berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang pasar modal syariah dan pada akhirnya para peserta dapat memanfaatkan seminar ini sebagai sarana untuk meningkatkan minat dan partisipasi dalam berinvestasi di pasar modal syariah.