News Detail

Pasar Modal Indonesia Kembali Gelar Sharia Investment Week 2024

Pasar Modal Indonesia Kembali Gelar Sharia Investment Week 2024
7/4/2024

Jakarta, 6 Juni 2024. Dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal syariah, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kembali menyelenggarakan acara Sharia Investment Week (SIW) 2024. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari Kamis hingga Sabtu, 6 – 8 Juni 2024, secara hybrid di Main Hall BEI, Jakarta, dan platform online melalui situs https://siw.idx.co.id.

SIW merupakan acara tahunan yang sudah diadakan sejak 2019, dan tahun 2024 adalah penyelenggaraan yang kelima. Acara ini kembali diadakan secara langsung namun juga dapat diakses secara virtual, sehingga memungkinkan partisipasi dari masyarakat baik secara fisik maupun online.

SIW 2024 menampilkan berbagai acara menarik setiap hari, termasuk pameran dan pameran virtual, hiburan, serta tujuh sesi seminar dan talk show yang menghadirkan 25 pembicara dan moderator dari berbagai latar belakang, seperti akademisi, investor, figur publik, dan praktisi pasar modal syariah. Acara ini adalah kesempatan yang baik bagi investor syariah, baik pemula maupun berpengalaman, untuk memperdalam pemahaman dan pengetahuan mereka.

Pameran SIW 2024 terdiri dari 50 booth, termasuk 15 booth Anggota Bursa Sharia Online Trading System (AB-SOTS), booth IDX Mobile, SRO, dan OJK. Pameran virtual terbagi menjadi tiga area: area AB-SOTS, area OJK – SRO – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, serta area Manajer Investasi yang merupakan anggota Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI) dan Bank RDN Syariah.

SIW 2024 diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap pasar modal syariah, memperkuat branding pasar modal syariah Indonesia, serta menjadi forum silaturahmi bagi para pemangku kepentingan pasar modal syariah. Acara ini juga menjadi representasi komitmen dan semangat OJK, BEI, KPEI, dan KSEI, serta seluruh pemangku kepentingan dalam memajukan pasar modal syariah di Indonesia.