News Detail

Tingkatkan Kewaspadaan Penipuan Berkedok Investasi, OJK Gelar Capital Market Goes to Office bersama Pejabat dan Pegawai Bank

Tingkatkan Kewaspadaan Penipuan Berkedok Investasi, OJK Gelar Capital Market Goes to Office bersama Pejabat dan Pegawai Bank
7/8/2024

Jakarta, 26 Juni 2024. OJK kembali menggelar Capital Market Goes to Office (CMGTO) bersama pejabat dan pegawai di lingkungan Bank Indonesia bertempat di Ruang Kartini Gedung D Bank Indonesia. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan total jumlah peserta 345, yang terdiri dari 122 peserta offline dan 223 peserta online, serta dihadiri oleh Direktur Analisis Informasi dan Manajemen Krisis Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Deputi Direktur Akademi SSK, SP, dan PUR Bank Indonesia Institute.

CMGTO merupakan kegiatan yang rutin selenggarakan dan menjadi program prioritas OJK yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai konsep perencanaan keuangan dan juga pengenalan produk investasi di Pasar Modal yang aman dan terpercaya.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus penipuan berkedok investasi di hampir seluruh penjuru Indonesia yang menargetkan korban dari kalangan ASN, pegawai BUMN dan swasta, pengusaha serta pelaku UMKM yang memiliki penghasilan yang cukup, namun mereka tidak memahami legalitas dan modus operandi penipuan berkedok investasi yang memiliki risiko yang sangat besar.

OJK berharap dengan diselenggarakannya acara ini tidak ada pejabat maupun pegawai di Bank Indonesia yang menjadi korban penipuan investasi, mengingat modus operandi yang semakin hari semakin canggih. Modus-modus ini meliputi penggandaan uang, money games, janji bonus tinggi dari penjualan produk, hingga scamming dengan mengaku-ngaku sebagai pihak berwenang.