News Detail

OJK Dorong UMKM di Surakarta Raih Pendanaan melalui Securities Crowdfunding

OJK Dorong UMKM di Surakarta Raih Pendanaan melalui Securities Crowdfunding
3/2/2024

Malang, 28 Februari 2024, OJK menggelar Sosialisasi Alternatif Pendanaan UKM melalui Securities Crowdfunding (SCF) kepada UKM di Kota Malang dan sekitarnya. Acara digelar di Aula Serba Guna Kantor OJK Malang yang dihadiri sekitar 150 peserta.

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan potensi UMKM di Malang agar mampu menjadi penerbit baru melalui platform SCF. Securities Crowdfunding sebagai layanan Urun Dana, tidak hanya memberikan akses pendanaan yang lebih mudah bagi pelaku UMKM, tetapi juga diharapkan dapat menjadi opsi investasi alternatif bagi investor ritel, termasuk mereka yang berdomisili di daerah sekitar UMKM, guna ikut serta dalam pengembangan ekonomi khususnya di Kota Malang.

Acara ini dibuka oleh Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis Kantor OJK Provinsi Jawa Timur Dedy Patria dan dihadiri oleh Perwakilan Diskopindag Kota Malang. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Analis Senior Deputi Direktur Perizinan Perorangan, Profesi Penunjang dan Lembaga Penunjang Pasar Modal 1 OJK Naomi Saulina Rentaria Rambe, Wakil Ketua Umum III ALUDI  Heinrich Vincent, serta Manager Kemitraan dan Investasi PT Primaboga Nusantara Inti (Pempek Farina) Dwi Muryani.

OJK berharap dengan digelarnya sosialisasi ini, UKM di Kota Malang dan sekitarnya semakin yakin dan mantap untuk memanfaatkan SCF  sebagai sumber pendanaan dan pengembangan usaha mengingat besarnya manfaat yang akan diperoleh, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga secara luas bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.